Tips Membuat Sambal Tahan Lama

By On Jumat, Oktober 8th, 2021 Categories : Tips & Trik

Tips Membuat Sambal Tahan Lama

Tips Membuat Sambal Tahan Lama

Bagi kebanyakan orang Indonesia sambal merupakan hal wajib yang harus dihidangkan saat makan. Bisa dikatakan bahwa memakan sambal merupakan budaya yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Sambal sendiri sudah menjadi komoditas dan bahkan mulai diproduksi sendiri oleh pabrik-pabrik besar menjadi sambal kemasan. Ketergantungan masyarakat Indonesia akan sambal pada saat makan tentu beriringan dengan kebutuhan akan cabai, karena bahan utama dari sambal itu sendiri adalah cabai.

Naik turunya harga cabai tentu berdampak pada keuangan bulanan masyarakat. Jika tidak benar atau tidak tau trik dalam pembuatanya sambal akan mudah basi, dan akan menjadi pemborosan. Tentu teman-teman tidak ingin bahan makanan menjadi mubazir kan, oleh karena itu berikut kami rangkum tips membuat sambal tahan lama :

1. Pilih bahan yang fresh
Buat teman-teman yang ingin sambalnya tidak cepat basi, pemilihan bahan seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabai, pete menjadi hal yang penting. Bahan yang segar selain memberikan rasa yang maksimal juga berpengaruh terhadap keawetan sambal, jangan lupa pastikan bahan-bahan dicuci sampai bersih ya.

2. Cuci bersih alat masak membuat sambal
Pastikan tidak ada alat masak yang kotor atau bekas memasak, cuci hingga benar-benar bersih dan keringkan. Penyebab utama pembusukan atau basinya suatu makanan adalah bakteri. Alat masak yang kotor menjadi tempat yang nyaman untuk bersarangnya bakteri selain itu juga dapat mempengaruhi rasa sambal.

3. Sangrai bahan terlebih dahulu
Sangrai bahan-bahan terlebih dahulu hingga layu, dengan itu akan mengeluarkan rasa dari bahan-bahan yang digunakan. Teknik ini dianggap berhasil dalam mengawetkan sambal selain itu juga menghilangkan bau langu pada bahan.

4. Gunakan ulekan
Pilihlah ulekan tradisional jika ingin sambal yang benar-benar lezat. Menurut banyak pendapat seperti ahli masakan pembuatan sambal dengan blender dan ulekan akan menimbulkan cita rasa yang berbeda lo. Sebelum menghaluskan bahan pastikan ulekan benar-benar kering dan bersih, dan ulek sampai biji pada cabi benar-benar halus ya.

5. Goreng sampai sambal benar-benar matang
Setelah bahan benar-benar diulek halus, goreng sambal dengan api kecil. pastikan teman-teman memasaknya hingga benar-benar matang ya agar sambal bisa bertahan lama. Ciri dari sambal yang sudah matang adalah perubahan aroma, warna, dan minyak sudah terpisah dari bahan baku.

6. Diamkan sampai dingin
Setelah sambal dirasa sudah benar-benar matang pindahkan sambal ke mangkuk atau piring yang bersih. Jangan didiamkan di wajan karena wajan yang panas akan mempengaruhi tingkat kematangan sambal. Selain itu jika sambal yang panas langsung dimasukkan ke wadah yang tertutup akan membuat suhu panas terperangkap sehingga membuat sambal cepat basi. Jadi diamkan sampai suhu sambal sampai sama dengan suhu ruangan.

7. Siapkan wadah penyimpanan
Setelah dingin, siapkan wadah penyimpanan biasanya berupa wadah dari gelas kaca dan mempunyai tutup yang rapat agar udara tidak mudah masuk. Selain itu agar sambal teman-teman lebih awet sebaiknya ditaruh dalam lemari pendingin atau freezer, dengan begitu sambal teman-teman bisa awet sampai berbulan-bulan.

Gimana mudah kan membuat sambal yang tahan lama ?, Dengan begitu teman-teman bisa menikmati sambal mantap setiap hari. Tanpa harus khawatir sambal cepat basi. Itulah tips-tips dalam membuat sambal lezat tahan lama. Pastikan teman-teman mengikuti tips membuat sambal dengan benar ya, akhir kata selamat mencoba.

Tips Membuat Sambal Tahan Lama | httpdnet | 4.5