Kumpulan Bacaan untuk Mandi Wajib

By On Kamis, Oktober 7th, 2021 Categories : Lifestyle

Mandi wajib
Salah satu mandi yang bisa membersihkan diri darihadas besar setelah melakukan hubungan suami istri, nifas dann juga menstruasi adalah mandi wajib.Kewajiban yang satu ini juga sudah ada tercatat dalam Al-quran di dalam surat An Nisa ayat 4 Yang Artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian melakukan salat di masjid dalam keadaan mabuk, sebelum kalian sadar dan mengerti apa yang kalian ucapkan. Jangan pula kalian memasuki masjid dalamkeadaan junub, kecuali bila sekadar melintas tanpamaksud berdiam di dalamnya, sampai kalian mandi” (QS Surat an Nisa: 4)

Selain itu Allah juga befirman  dalam Surat Al Baqarahayat 222 yang Artinya: Mereka bertanya kepadamutentang haidh. Katakanlah:”Haidh itu adalah suatukotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkandiri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamumendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabilamereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempatyang diperintakan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (QS. Surat Al Baqarah: 222)

Saat melakukan mandi untuk membersihkan diridari hadas besar ini Anda harus membasuh seluruhbagian tubuh Anda dari ujung kepala sampai denganujung kaki. Pada kesempatan kali ini mari kita bahasbeberapa niat untuk mandi wajib

  • Niat mandi junub

Mandi junub ini harus Anda lakukan jika Andatelah melakukan hubungan dengan orang lain hingga mengeluarkan sperma, ini niat yang bisaAnda baca “Nawaitul ghusla li raf’il janabati” yang Artinya: “Saya berniat mandi untuk menghilangkanjenabat”

Bagi wanita yang haid dan juga nifas wajib bagimereka untuk mandi guna mensucikan kembalitubuhnya. Niat yang bisa dibaca adalah “Nawaitulghusla li raf’il haidli” atau bisa juga “nawaitulghusla li raf’in nifâsi” yang artinya “Saya berniatmandi untuk menghilangkan haid” atau “untukmenghilangkan nifas” tapi jika Anda tidak hafalbacaannya Anda bisa menggunakan bacaan untukmandi junub.

  • Niat Mandi Wajib Hadas Besar

“Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhonlillaahi ta’aala” Artinya: “Saya niat mandi untukmenghilangkan hadas besar karena Allah”.

Jika Anda memilii hadas besar memang wajib hukumnyauntuk mandi jika ingin kembali melakukan sesuatu yang mengharuskan Anda ada dalam keadaan yang suciseperti membaca Alquran, thawaf, dan juga shalat.Terdapat beberapa Sunnah yang memang harus Andalakukan saat mandi wajib, misalnya mecuci keduatelapak tangan, memasukkan jari jari ke air, wudhu. Hal  ini sudah sesuai dengan hadis dari nabi NabiMuhammad SAW:

“Dari Aisyah isteri Nabi shallallahu alaihi wasallam, bahwa jika Nabi shallallahu alaihi wasallam mandikarena janabat, beliau memulainya dengan mencucikedua telapak tangannya, kemudian berwudlusebagaimana wudlu untuk shalat, kemudianmemasukkan jari-jarinya ke dalam air lalumenggosokkannya ke kulit kepalanya, kemudianmenyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukankedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudianbeliau mengalirkan air ke seluruh kulitnya.” (HR. Bukhari).
Apa yang membuat orag bisa terkena hadas besar?

  • Melakukan hubungan seksual dengan adanyapenetrasi
  • Keluarnya air mani atau sperma. Bisa disebabkanoleh masturbasi, mimpi basah, atau yang lainnya. Hal ini pastinya disertai dengan rasa nikmatmaupun
  • Haid atau biasa di sebut menstruasi
  • Nifas
  • Melahirkan
  • Orang yang meninggal, kecuali orang yang meninggal dalam keadaan mati syahid.

Kumpulan Bacaan untuk Mandi Wajib | httpdnet | 4.5