Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Harus Diketahui

By On Minggu, April 15th, 2018 Categories : Lifestyle

Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Harus Diketahui

Perkembangan bayi 3 bulan seringkali menjadi fokus para orang tua. Karena pada usia tersebut, ada banyak sekali perkembangan bayi yang cukup pesat. Pada usia ini, bayi sudah bisa menirukan ekspresi orang-orang yang ada di dekatnya. Bayi akan lebih sering tersenyum dan berinteraksi dengan lingkungannya. Saat melihat perkembangannya, Anda akan selalu terpukau dengan kelucuan dan tingkah buah hati tercinta.

Inilah Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Harus Anda Catat

Di usia 3 bulan, bayi akan lebih sering mengoceh. Disinilah Anda bisa mengajarinya untuk mulai mengenal bahasa dan cara berbicara. Tariklah minat bayi dengan bernyanyi atau nada suara. Apabila bayi mendengar percakapan yang Anda lakukan, maka artinya bayi dalam kondisi yang normal. Tapi jika bayi sering kehilangan konsentrasi atau melihat pada arah yang lain, kemungkinan yang terjadi adalah bayi merasa terlalu lelah. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah perkembangan bayi 3 bulan yang harus Anda pahami.

  1. Motorik Bayi

Saat menginjak usia 3 bulan, buah hati akan menunjukkan perkembangan motorik yang signifikan. Dimana bayi sudah bisa belajar duduk. Sistem koordinasinya sudah bagus karena bayi dapat meluruskan tangan dan kakinya. Bayi bisa berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya dengan cara mengoceh. Bayi bisa mengucapkan kata a dan u. Sehingga mereka tidak akan terlalu rewel lagi saat menginginkan sesuatu. Menariknya lagi, ia akan memberikan senyumannya kepada orang lain. Dan menangis apabila merasa marah dan takut. Bayi kini sudah mampu menutup tangannya secara bersamaan. Anda bisa melihatnya saat bayi diberikan objek mainan. Perkembangan bayi 3 bulan dari sisi motorik menunjukkan bahwa tangannya dapat meraih benda yang ditaruh menggantung. Kemampuan sosial bayi juga meningkat di usia ini.

  1. Pertumbuhan Fisik

Perkembangan bayi 3 bulan yang harus diperhatikan selanjutnya adalah pertumbuhan fisik bayi. Otot kepala dan leher bayi sudah semakin kuat pada usia ini. Jadi bayi bisa belajar menegakkan badannya sendiri. Meskipun demikian, Anda tetap harus memberikan dukungan gerakan pada tangan agar bayi tetap aman. Selain itu, otot kaki bayi juga bertambah kuat. Dimana ia bisa meluruskan kaki dan menendang dalam posisi tengkurap. Ketika tengkurap, bayi juga mampu menahan berat tubuhnya di bagian perut.

  1. Perkembangan Emosi

Dalam perkembangan emosinya, bayi tidak lagi menangis dalam waktu yang lama dan sering. Karena dia sudah bisa menunjukkan perasaannya melalui ekspresi. Jika merasa senang atau kesal, bayi akan berteriak. Di usia ini, bayi juga sudah bisa mengenali orang-orang yang berada di dekatnya. Jadi jika ada orang asing, maka ia akan merasa sedih atau senang tergantung dari ketertarikannya. Bayi mulai menunjukkan keinginannya untuk pergi ke ruangan atau tempat tertentu, bermain, melihat suatu objek dan lain sebagainya.

  1. Pertumbuhan Sensorik

Bayi dapat merasakan perasaan senang dan sedih. Bahkan saat sedang mendengarkan musik, bayi akan mencoba untuk menggerakkan tubuhnya sambil tersenyum. Kemampuan pendengaran buah hati juga akan semakin meningkat. Saat namanya dipanggil, mata dan otak bayi akan mulai berkoordinasi dan mencari suara tersebut. Jika bayi tidak menunjukkan kemampuan tersebut, maka Anda harus segera memeriksanya ke dokter. Karena bisa jadi, terdapat masalah pada pendengaran bayi. Pada usia ini, bayi juga sudah mampu melihat dengan baik.

Ia akan merasa senang saat melihat warna-warna. Jadi, berikanlah mainan dengan warna yang kontras dan cerah agar indra penglihatan bayi semakin terlatih. Tidak hanya itu, bayi juga sudah bisa mengenali bayangannya sendiri melalui cermin. Dengan interaksi dan komunikasi yang baik, maka perkembangan sensorik bayi akan semakin baik. Jangan lupa untuk mengajarkan bayi tentang sentuhan dan tekstur. Karena pada perkembangan bayi 3 bulan, mereka sudah bisa membedakan sensasi sentuhan dari masing-masing objek yang dipegang.

Perkembangan bayi memang harus selalu dipantau agar Anda tidak melewatkan setiap waktu pertumbuhan sang buah hati. Termasuk pada perkembangan bayi 3 bulan dan seterusnya. Dengan begitu, setiap tumbuh kembang anak tercinta akan menjadi momen terbaik dalam hidup Anda.

Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Harus Diketahui | httpdnet | 4.5